KOMUNIKASI BISNIS

KOMUNIKASI BISNIS

     Komunikasi Bisnis, merupakanpenggabungan dua suku kata yang berarti berbeda, komunikasi dan bisnis, komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antarindividu melalui suatu sistem yang biasa (lazim), baik dengan simbol-simbol, sinyat-sinyal maupun perilaku dan tindakan. Komunikasi palingtidak melibatkan dua orang atau lebih yaitu sebagai penyamapi komunikasi (komunikator) dan sebagai penerima komunikasi (komunikan).Dalam proses penyampaian pesan yang dilakukan oleh sesorangmelalui lisan, tulisan maupun sinyal-sinyal nonverbal.

      Dalam dunia praktis, kita mengenal komunikasi antar pribadi (interpersonal communications) dan komunikasi lintas budaya  (intercultural/cross-cultural communications). Komunikasi antar pribadi merupakan komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami kedua belah pihak dan cenderung lebih fleksibel (luwes) dan informal. Komunikasi anta pribadi dilakukan misalnya dilakukan di lingkungan keluarga, antar keluarga, tetangga, teman sejawat dll, sedangkan bahsa yang digunakan bisa menggunakan bahasa jawa, bahasa indonesia maupun bahasa campuran yang lain (termasuk bahasa tubuh). Komunikasi lintas budaya merupakan bentuk komunikasi yangt dilakukan dua orang atau lebih, dimana masing-masing memiliki budaya yang berbeda karena perbedaan bahsa, tempat (geografis) dan sejarah. misalkan komunikasi yang terjadi antar kewilayahan maupun negara.
    Secara sederhana komunikasi bisnis dapat diartikan sebagai komunikasi yang dilakukan dalam dunia bisnis yang mencakup dari berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu. Sehingga sebagai seorang komunikator di dunia bisnis haruslah memiliki kemampuan dalam menggunakan alat maupun media komunikasi yang ada untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihal lain secara efektif dan efisien, sehinga tujuan penyampaian pesan-pesan bisnis dapat tercapai. Sebagai seorang kominikator harus memahami dengan baik bagai mana menyusun kata-kata yang mempu membentuk suatu arti kata atau makna, bagaimana mengubah suatu situasi menjadi lebih menarik dan menyenangkan, bagai mana mengajak peserta/audiens untuk berperan aktif dalam diskusi, bagai mana menyelipkan humor yang mempu menghidupkan suasana, bagai mana menyiapkan atau mengatur ruangan yang mempu menghidupkan diskusi, serta memilih media komunikasi secara tepat.

      Dilihat dari beberapa aspek, komunikasi antar pribadi dengan komunikasi bisnis dapat dibedakan sebagai berikut:
Uraian
Komunikasi Antar Pribadi
Komhnikasi Bisnis
Orientasi/tujuan
Kepentingan pribadi
Kepentingan bisnis
Pokok bahasan
Maslah pribadi
Masalah bisnis
Bahasa
Campuran/tidak baku
Formal/baku
Gaya penulisan
Tidak standar
Standar
Kertas surat
Tidak menggunakan Kop surat
Dengan kop surat
Stempel
Tanpa stempel
Menggunakan stempel
Contoh
Surat keluarga
Surat perusahaan

(disunting dari buku Komunikasi Bisnis Edisi ke-3 dengan beberapa penyesuaian sendiri)

No comments: