Bongkar Modem Smartfren AC682 Evdo rev.A

Melanjutkan posting sebelumnya yang mebahas tentang memaksimalkan modem smartfren AC682 dimana kini saya akan membongkar modem smartfren AC682 ini, pertama saya ingin tahu penampang penghalau panas smart ini seberapa efektifkah, dan yang kedua inin menambah kan antena-nya (kalau bisa), langsung saja kita bongkar pembahasannya hari ini;
alat yang perlu kita siapkan hari ini :
  1. Modem Smartfren AC682 itu sendiri
  2. Obeng bintang (sering disebut drei kembang)
  3. Gunting
  4. Kabel dengan ukuran tembaga agak besar (dikira-2 sesuaikan gambar nanti)
  5. Tang
  6. Antena radio (yang udah rusk ndan apa2 yang penting layak pakai)
Langkah pertama bongkar modem tersebut (bagian atas), ndak usah sungkan dan ndak usah malu-malu langsung bongkar (wek-----3 sadis-------)
karena ane gak bisa nerangin gimana cara selanjutnya tak kasih gambarnya seperti ini di rangkai aja sendiri ya gan he-------

"A" Merupakan bagian bawah antena.
"B" Merupakan potongan batang antena radio.
"C" Merupakan penghalau panas modem tersebut.
"D" Merupakan bagian dalam kabel (tembaga yang masih terbalur dengan plastik).
"E" Tembaga yang telah dikelupas.
Perhatikan gambar yang ditandai "A" merupakan pangkal antena dimana tembaga agak di tonjolkan keluar.
dan hasilnya seperti gambar dibawah ini, dengan ini saya mendapatkan singal "Full" bar dimana sebelumnya hanya mendapat singal satu bar saja.
 




18 comments:

Anonymous said...

Ada-ada aja lo gan, tapi sip dah

Unknown said...

ente mah kelewat sadis gan,, tapi okeh juga tuh,, hahaaaa,a sukses gan,,???

Ivo mahendra said...

terimakasih atas kunjungannya

Chemonk said...

Muantep.....
tapi bos kalau untuk tipe ce682 sama gak letak lubang antene nye.......

ivo said...

kalau di liat-liat spek ama bentuknya sich hampir sama mas chemonk, tapi bisa di coba lah, nanti bisa di share di sini.

-mrosul- said...

Saya mau tanya nih bang, emng modem smartfren
ac682 ini udah disediain buat antena eksternal
dari pabriknya ya??

Ivo mahendra said...

dari smartnya sich belum, kalau pingtailnya udah ada yang cocok, di lapak kas*kus ada kok om,silahkan di cari

Anonymous said...

bang, ane mau tanya nihh..
pigtail itu apa yaa??

Anonymous said...

Maaf saya mau tanya. Saya ada modem huawei. Di modem huawei itu kan ada area untuk taruh SIM sama area untuk taruh kartu memori. Nah, waktu saya mau masukin kartu memori, saya masukin kartu memori itu di area SIM. Dan saya coba berkali-kali untuk keluarin kartu memori saya dari area SIM itu, tapi kartu memori nya tidak bisa dikeluarkan. Tolong beri saya solusi. Trims sebelumnya.

Ivo mahendra said...

Vonektor buat penghubung antara modem ama antena gan, lebih lanjut bisa googling

Ivo mahendra said...

Wah agan ini ada aj, paket kipet punyanya pak dokter kayaknya bisa tu gan

Anonymous said...

Mas, kalo boleh tau, ukuran kawat tembaganya yg brp mm ya? Karena lubang tengah pigtailnya itu kan ada sumbatan karet hitam dan tengahnya ada bolongan kecil ( sangat kecil).
Pertanyaannya kedua, bagaimana caranya biar colokannya/antena radionya itu ga goyang? karena saya sudah coba buat dgn menggunakan jack audio, colokan power cd-rom...dan hasilnya tidak pas atau goyang.
Terima kasih.

Ivo mahendra said...

Sekitar 1mm gan, itu tembaga kabel listrik biasa kok gan, klu colokan gak pas bisa di pipihin pakek tang gan tapi dikit aj, tnks gan.

Unknown said...

Gan bagaimana dengan nilai resistansinya
pemasangan antena eksternal harus math antara gain frekwensi antena, hambatan kabel ( cnth kabel RG 58 resistensi 50 ohm ) range frekwensi modem
jk tdk math mk akn membuaat vps modem rusak!!

Ivo mahendra said...

Nah itu gan yang gak saya ketahui, heee---3 mungkin agan lebih mahir di bidang elektro, namun saya bongkar modem yang ini ama temen ane sampe sekarang tetep aj lancar jaya, mungkin ada faktor ngepasi kali ya??? hehehe

Unknown said...

Om kan ane beli modem smartfrn tp yang ac782.. Nah di colokan usbnya kok gak full kotak kyak usb2 biasanya ya.. Bgian atasnya gak ada jadi pas dicolokin rada goyan.. Pa emang gtu modelnya om?

Ivo mahendra said...

Kalau itu saya belum tau Aganwati, emangnya ada USB yang colokannya cuman seperti itu, setahu ane sih USB flasdhik

Unknown said...

mantab god idea