Cara Memuaskan Audience akan Kebutuhan informasi

Kunci komunikasi yang efektif adlah dengan menentukan kebutuhan informasi audience dan selanjutnya berusahan kebutuhan tersebut. Ada lima tahap yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan audience, yaitu :
  1. Temukan/cari apa yang diinginkan olehj audience, Untuk dapat memenuhi audience akan informasi audience, komunikator harus dapat menemukan apa yang ingin mereka ketahui dan segera memberikan informasi yang diminta. jangan ditunda-tunda.
  2. Antisipasi pertanyaan yang tidak diungkapkan, setelah memberikan informasi yang diinginkan, berikan tambahan informasi yang sangat membantu meskipun informasi tersebut secara khusus tidak diminta oleh audience.
  3. Berikan informasi yang diperlukan, Usahakan agar semua informasi penting yang diminta oleh audience tidak ada yang dilewatkan. Dengan kata lain, informasi-informasi penting telah tercakup dalam pesan yang diberikan. lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum pesna disampaikan kepada audience benar-benar telah sesuai dengan yang anda sampaikan.
  4. Pastikan bahwa informasi akurat, Informasi yang disampaikan kepada audience hendaklah informasi ynag benar-benar akurat dna dapat dipertanggunjawabkan kebenarannya. Jangan memberikan informasi yang salah kepada audience. Kalau secara tidak sengaja atau terjadi kekhilafan dalam menyampaikan informasi, komunikator harus segera mungkin membetulkannya dan mohon maaf atas kehilafan yang dilakukan.
  5. Tekankan ide-ide yang paling menarik bagi audience, cobalah untuk menemukan hal penting yang sangat menarik bagi para audience. Selanjutnya, berikan perhatian khusus atau perhatian yang lebih kepda hal tersebut. Apabila hal tersebut dapat dilakukan dengan baik, berarti komunikator telah berhasil memberikan suatu kepuasan yang tidak terhingga kepada audiencenya.
Dikutip dari buku Kombis edisi3

No comments: